Social Cosmetics – BC Airy Cushion Foundation 02-Medium Light

Senang banget industri kosmetik di Indonesia sudah sangat berkembang dibandingkan saat aku baru kenal makeup sekitar tahun 2012. Makin banyak brand kosmetik bermunculan dengan jenis produk yang ditawarkan beragam pula. Tanpa terkecuali brand kosmetik lokal terbaru, yaitu Social Cosmetics yang hadir sejak tahun 2017.

Awal kenal dengan Social Cosmetics dari channel Youtube female daily network. Dimana produk lipstik mereka dibahas kak Netta. Waktu itu hanya sekedar tau saja tanpa ada rasa penasaran buat lebih tau produk dari Social Cosmetics. Bulan Juli kemarin, pertama kalinya aku penasaran sama brand ini karena tidak sengaja lihat IG post tentang BC Airy Cushion Foundation. Padahal dari tahun lalu setiap ada brand kosmetik lokal yang launching produk cushion, aku tidak pernah tertarik. Entah kenapa kali ini aku justru penasaran.

Maaf malah kepanjangan curhat alasan pilih cushion ini. Ini bakalan langsung aku bahas ya.

Brand: Social Cosmetics

Product: BC Airy Cushion – 02 Medium Light

Price: Rp 164.500/ 14 gr

Ingredients:

Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Nylon 12, Cyclopentasiloxane, Isododecane, Dimethicone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Isononyl Isononanoate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Polymethyl Methacrylate, Propylene Glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Polyglyceryl-4 Isostearate, Phenoxyethanol, Glyceryl Caprylate, Silica, Sodium Chloride, Tocopheryl Acetate, Boron Nitride, Polymethylsilsesquioxane, Stearalkonium Hectorite, Aluminium Hydroxide, Bisabolol, Lilium Candidum (White Lily) Extract, Triethoxycaprylysilane, Ethyhexylglycerin, Propylene Carbonate, Talc.

May contain: Cl 77891, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499

Deskripsi Produk:

  • Menutupi masalah di wajah dengan sempurna dan terlihat alami
  • Melindungi dari sinar matahari
  • Mengandung vitamin E untuk mempertahankan kelembapan pada wajah
  • Mengandung ekstra lily putih untuk menutupi noda pada wajah dan memberikan sensasi sejuk

Produknya dibungkus dalam box berwarna putih dan bersegel. Pojok kiri atas, logo dari brand social cosemtics berwarna silver dan sedikit hint warna ungu. Simpel dan keterangan bagain belakang atau samping box mudah dibaca. Kode BPOM dan tanggal expired pun tercantum di box ataupun case cushion. Cover case cushion ini transparan dengan latar silver shimmer graphic yang subtle, sulit buat aku tunjukkan dengan foto. Selain itu tidak bulky seperti cushion korea yang versi dulu tapi juga tidak setipis cushion korea versi sekarang yang banyak dijual. I do love the cushion case, simple yet pretty for me.

Aku suka banget sama cushion puff nya, karena terasa lebih puffy dibanding cushion puff dari brand korea dan brand drugstore yang pernah aku pakai. Aplikator cushion puff ini membuat aplikasi produk ke wajah jadi lebih mudah untuk diratakan. Kekurangan cushion puff ini, lebih banyak menyerap produk.

Baca juga: Beauty Items I’ve Used Up #1

BC Airy Cushion Foundation ini tidak ada refillnya seperti kebanyakan cushion lokal. Aku berharap cushion lokal bisa menjual refill, biar tidak perlu beli lagi dengan cushion case yang baru.

Tekstur dari produknya sendiri menurutku cukup cair, ga seperti foundation ataupun cushion pada umumnya. Karena teksturnya yang cair hasil coverage-nya light dan bisa di build up hingga medium. Cukup susah kalau hanya mengandalkan cushion ini tanpa bantuan concealer. Klaim-nya yang full coverage dan hasil yang flawless kurang tepat bagiku. Tapi cushion ini cocok untuk daily makeup or no makeup look.

Shade medium light lebih cocok sama bagian tangan atau wajahku yang tertutup jilbab

Kalau urusan shade yang ditawarkan, aku belum bisa banyak komentar. Karena aku merasa salah pilih shade. Aku pikir sudah cukup banyak mencari info shade dari BC Airy Cushion Foundation, tapi ternyata masih kurang tepat sodara-sodara. Warna medium light ini lebih cocok sama bagian wajahku yang tertutup jilbab ataupun bagian tangan. Iya, kulit wajahku belang ūüôĀ

Menurutku hasil akhir dari BC Airy Cushion Foundation  lebih ke satin dan tidak yang  sampai dewy banget seperti cushion korea. Kalau berdasarkan ingredients-nya, cushion ini cocok buat kondisi kulit kering. Tapi setelah aku pakai berkali-kali, pasti selalu bermasalah di area hidung ku yang sedikit kering. Makanya aku bingung cushion ini sebetulnya untuk kondisi kulit kering atau kulit berminyak. 

Aku selalu kesulitan saat aplikasi di area hidung. Terlihat seperti foto diatas, padahal dengan cushion lain atau base makeup lain aku tidak ada masalah seperti ini.

Belum bisa menutupi bekas jerawat di area bawah hidung dan dagu sepenuhnya

Efek mendinginkan seperti pada klaim-nya itu kadang terasa tapi juga kadang tidak terasa. Waktu aku pertama kali coba, itu sama sekali tidak terasa. Tapi pemakaian selanjutnya aku merasa ada efek mendinginkan saat diaplikasikan.

Untuk diwajahku, BC Airy Cushion Foundation tidak tahan lama kalau tidak di set dengan bedak lagi. Pertama kali aku coba cushion ini tanpa menggunakan bedak. Selama dua jam aku pergi naik motor dan jalan di mall, area dahi dan pipi masih aman, tapi di area hidung dan dagu terlihat dengan jelas kalau meleleh. Staying power dari cushion ini masih belum membuat aku puas.

Pemakaian bedak jadi penting banget menurutku. Karena setelah aku coba pakai bedak, cushion ini sangat jauh tahan lama dibanding kalau ga di set sama sekali.

Satu lagi, kalau masalah harga BC Airy Cushion Foundation masih termasuk standar untuk cushion lokal. Masih ga semahal cushion dari brand Ma* yang harganya 250K atau cushion dari brand korea.

Conclusion

BC Airy Cushion Foundation cukup membuatku excited saat masih mencari info, tapi setelah dipakai menurutku biasa aja. Aku suka pakai ini sehari-hari, tapi kalau harus beli tau shade lainnya belum tentu iya. Aku ragu bakalan beli lagi karena melihat brand lokal lainnya mulai punya cushion sebagai salah satu produknya, aku pasti kepengen buat coba yang lain. Saranku cari info lebih detail mengenai shade cushion ini, karena dari blog atau video Youtube menurutku masih kurang.

Kalian ada yang sudah pernah coba cushion dari social cosmetics ?

Leave a Reply